Dapur Joni, Masakan Rumahan yang Tak Terduga

Sebagai perantau, saya dan Bettam memang harus terbiasa untuk berjuang serta bertahan untuk terus hidup. Terlebih lagi saat pandemi Covid-19 yang mempengaruhi semua orang hingga sekarang ini. Membuat kami terus berusaha demi sesuap nasi. Ditambah lagi pekerjaan utama Bettam yang termasuk dalam sektor pariwisata di Pulau Bali, sangat terasa sekali dampaknya. Begitu pula dengan saya sendiri sebagai freelancer. Mau nggak mau kita semua memang harus segera berpikir kreatif untuk tetap bisa bertahan menghadapi situasi sekarang ini.

Muncullah sebuah ide untuk berjualan makanan agar kami berdua tetap sibuk dan mendapat tambahan pemasukan. Meskipun awalnya Bettam enggan memulai usaha jual makanan (karena hampir semua orang sekarang berjualan makanan), tapi karena dorongan beberapa kerabat serta kawan terdekat, kami membulatkan tekat.

Dapur Joni pun lahir dengan sederhana. Sesederhana menu-menu yang kami siapkan bagi siapapun yang ingin mencicip maupun membelinya.

Ricebowl Dapur Joni
Ricebowl Dapur Joni

Sebelum pindah ke Bali, Bettam sempat mempunyai warung dengan teman-temannya di Yogyakarta. Ditambah dengan kemampuan memasak dia yang di atas rata-rata, memulai kembali usaha makanan dari nol, kenapa nggak?

Menu-menu Dapur Joni berupa masakan rumahan berbahan daging, mulai daging ayam, sapi, hingga babi. Semuanya diolah sendiri oleh Bettam dengan menggunakan bumbu-bumbu khas Nusantara. Yang tentu saja menu-menu ini jarang ditemukan di Pulau Bali.

Babi Karamel Coca Cola feat Sambal Dabu-dabu Dapur Joni
Babi Karamel Coca Cola feat Sambal Dabu-dabu Dapur Joni

Yang pertama ada Babi Karamel Coca Cola. Irisan daging babi yang dimasak dengan coca cola serta bir hitam, dan disajikan bersama sambal dabu-dabu. Perpaduan manis karamel dan sambal pedas, sejuk, segar, siapa yang tak mau? Kemudian ada menu Babi Hamonado yang dimasak menggunakan jus nanas. Masakan ini berasal dari Filipina, namun dengan Bettam diolah bersama rempah-rempah Nusantara tentunya. Olahan babi lainnya adalah Roasted Pork Belly with Mushroom Sauce. Potongan pork belly yang dibumbui bawang putih dan bumbu-bumbu rahasia Dapur Joni, dipanggang bersama salted butter, lalu disajikan dengan disiram creamy mushroom sauce. Bikin perut keroncongan bukan?

Babi Hamonado Dapur Joni
Babi Hamonado Dapur Joni

Roasted Pork Belly Dapur Joni
Roasted Pork Belly with Mushroom Sauce yang disandingkan dengan butter rice

Untuk menu olahan ayam Dapur Joni, baru ada 2 macam. Yang pertama adalah Ayam Goreng Rempah. Potongan daging ayam yang diungkep dengan berbagai rempah Nusantara, kemudian digoreng kering, dan disajikan bersama Sambal Kemiri khas Dapur Joni. Masakan ini dijamin bakal bisa ngabisin nasi yang ada di rumah. Masakan ayam berikutnya yaitu Ayam Panggang Rosemary, yang disajikan utuh atau potongan setengah ayam. Sebelum dimasak, ayam utuh ini dimarinasi dengan campuran bumbu dan herba kering, lalu dipanggang dalam oven selama beberapa jam. Pendampingnya tentu saja Sambal Kemiri ala Dapur Joni.

Ayam Goreng Rempah Dapur Joni
Ayam Goreng Rempah Dapur Joni feat Sambal Kemiri

Ayam Panggang Rosemary Dapur Joni
Ayam Panggang Rosemary Dapur Joni

Sebagian besar menu-menu Dapur Joni disajikan dalam bentuk ricebowl, lengkap dengan nasi merah putih dan telur, atau berupa lauk daging saja. Karena tukang masaknya masih sendiri, belum berani memasak rutin setiap hari. Penjualannya pun masih melalui online dengan sistem pre order dengan jadwal menu yang sudah ditentukan. Jika kalian ingin mencicip atau membantu melariskan Dapur Joni, bisa dilihat update jadwal pre ordernya di akun Instagramnya ya.

Semoga langkah awal usaha rumahan ini bisa terus berjalan perlahan, dan memenuhi kebutuhan menu-menu rumahan kalian. Tetap sehat, makan kenyang, dan tetap tenang. Karena diet masih boleh dimulai…besok!

Rempah Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *