Nyang-nyang, Serasa Pantai Pribadi

Pesona pantai Pulau Bali seakan tak pernah habis untuk dijelajahi satu demi satu. Sebut saja Pantai Kuta, Sanur ataupun deretan pantai sepanjang Seminyak yang nyaris tak pernah sepi pengunjung sepanjang tahun. Namun jika Anda ingin menikmati pesona pantai yang belum tercantum di brosur biro perjalanan, maka Pantai Nyang-Nyang di Uluwatu layak untuk kamu datangi.

Jalur menuju ke pantai ini sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal berkendara ke selatan ke arah Pura Uluwatu. Sekitar 1 km sebelum gerbang retribusi Pura Uluwatu ada papan kayu kecil bertuliskan “Nyang-Nyang Surfing Beach” yang menjadi petunjuk jalan satu-satunya. Jika tak jeli melihat, tentunya agak susah menemukan papan petunjuk tersebut.

Jalan masuknya pun tak semulus jalan raya pada umumnya, hanya berupa jalan tanah yang berbatu. Berhati-hatilah jika melintasi jalan ini, apalagi saat musim hujan tiba yang akan membuat jalanan sedikit tergenang air dan licin.

Sekitar 600 meter setelah masuk dari ujung jalan, Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda. Tidak tersedia lahan parkir khusus disini, oleh karena itu pastikan kendaraan Anda terkunci. Perjalanan berikutnya melewati jalan tanah kecil dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

 

Salah satu sisi jalan sebelum menemukan tangga turun menuju pantai.

 

Jalan ini berujung pada sebuah lapangan rumput dengan sebuah bangunan yang seperti warung kecil tetapi semua pintu tertutup rapat dan sebuah gubuk yang hampir hancur di salah satu ujungnya. Dari sisi gubuk ini pantai Nyang-Nyang sudah terpampang di depan mata; padang rumput hijau yang tepat bersisian dengan pantai berpasir putih terhampar di kaki tebing.

Satu-satunya jalan menuju ke kaki tebing adalah meniti ratusan anak tangga yang menembus belukar tanaman tropis. Jika beruntung, saat meniti deretan anak tangga ini kamu dapat melihat gerombolan kera berekor panjang yang memang menjadi penghuni asli rerimbunan hutan di Pantai Nyang-Nyang ini.

Perjuanganmu menuruni tangga akan terbayar lunas ketika kamu sudah mencapai bibir pantai. Bentangan padang rumput luas yang berbatasan langsung pantai panjang dengan pasir putih bersinar dan airnya yang jernih hijau kebiruan beratapkan langit biru mempesona ada di depan mata. Panorama indah dan kesejukan air lautnya benar-benar akan membuatmu berdecak kagum.

 

 

 

Pantai yang letaknya tersembunyi di balik bukit ini mempunyai ombak yang sempurna bagi peselancar. Kamu tidak akan menemui banyak orang di pantai ini. Tidak ada warung ataupun penjual makanan di sini. Bahkan hanya ada beberapa wisatawan asing yang ingin berselancar menaklukkan ombaknya atau wisatawan lainnya yang sedang bersantai berjemur atau berenang di tepi pantai. Kalau kamu ingin sekedar rileks dan menepi dari hiruk pikuk suasana kota, maka Pantai Nyang-Nyang merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat.

Saat cuaca cukup cerah dan kamu bersabar hingga senja menyapa, kamu pun bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam di Pantai Nyang-Nyang. Kadang ada pula wisatawan yang memang datang untuk bermalam di pantai Nyang-Nyang, tentunya dengan persiapan dan bekal peralatan yang lengkap. Bayangkan, menepi dari hiruk pikuk keramaian, menghabiskan malam dengan taburan bintang berlatar deburan ombak. Sempurna!

 

Yuk piknik!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *