Pengen Kuliner Jawatimuran di Bali? Mampirlah ke Warwo

Warwo Jawa Timuran yang terletak di Tukad Barito 88. (Dok. Warwo)

 

Sebagai orang Jawa yang tinggal di Bali, sering kali saya merindukan masakan dengan cita rasa lidah khas Jawa yang cenderung didominasi rasa manis dan gurih. Tak mudah menemukan tempat makan masakan Jawa yang benar-benar pas dan enak. Beruntung saya menemukan sebuah tempat makan bernama Warwo Jawatimuran. Bertempat di Jalan Tukad Barito 88 Denpasar, Warwo menghadirkan beragam pilihan kuliner yang ngangeni dan suasana yang hangat khas rumahan.

 

Suasana Warwo yang pas untuk santai dan makan bareng keluarga, sahabat, maupun pasangan. (Dok. Warwo)

 

Olin Shielda, salah satu pemilik Warwo beberapa waktu lalu menyambut kedatangan saya dan Mala, seorang teman yang menyarankan untuk mencoba masakan di Warwo. Dengan senyum ramah, perempuan asli Jawa Timur yang akrab disapa Olin ini segera mempersilakan kami duduk sembari menawarkan menu yang sebagian besar memang masakan khas Jawa Timur.

“Kalian kepengen makan apa? Monggo dilihat-lihat dulu menunya dan dipilih sesuka hati kalian mana yang kalian ingin coba disini,” tuturnya.

Tak berselang lama, sederet menu yang kami pesan sudah tersaji rapi di meja. Kami berdua segera melahap masakan yang benar-benar mengingatkan pada masakan keluarga di Jawa. Usai menyantap makanan, Olin pun bercerita awal mula Warwo berdiri. Sejak Agustus 2017, Warwo sudah menarik pelanggan baik dari orang Jawa yang tinggal di Bali maupun orang asli Bali sendiri.

 

Beberapa pilihan menu makanan di Warwo. (Dok. Warwo)

 

Beberapa pilihan menu makanan di Warwo. (Dok. Warwo)

 

Beberapa pilihan menu makanan di Warwo. (Dok. Warwo)

 

“Warwo merupakan singkatan dari Warung Woso karena ini merupakan usaha keluarga Woso. Namun justru Warwo lebih dikenal sebagai Warung Jowo yang bermula dari beragam menu masakan Jawa yang kami hadirkan disini. Berdirinya Warwo sendiri cukup sederhana, sesederhana akan kerinduanku terhadap masakan Jawa yang otentik di Bali,” jelas Olin.

Menu andalan Warwo diantaranya masakan khas Jawa Timur seperti Rawon, Sego Krawu, dan Cumi Hitam. Selain itu, disini juga disediakan beragam macam sambal seperti Sambal Wuluh, Sambal Trancam, hingga Sambal Pete yang aduhai. Tak hanya dimanjakan dengan cita rasa masakan ala rumahan, para pengunjung pun dibawa ke dalam kehangan keluarga. Para pegawai maupun pemilik Warwo sendiri berusaha untuk menyapa sekaligus mengobrol dengan santai. Interior Warwo juga mengadaptasi dengan beragam pernak-pernik khas Jawa seperti becak yang bisa ditemukan di depan Warwo.

Selain menu masakan Jawa Timuran, Warwo juga menyediakan beragam masakan lainnya yang saat ini sedang naik daun di Bali. Sehingga memberikan beragam pilihan menu bagi para pengunjung.

“Ngga semua masakan berasal dari Jawa Timur, tapi kami juga menghadirkan masakan pedas dan kekinian seperti geprekan. Geprekan ini juga macam-macam, mulai dari ayam geprek, tahu tempe geprek, sampai dengan paru geprek. Sehingga pasar kami tak hanya orang Jawa juga, melainkan orang Bali yang sebagian besar suka pedas bisa juga menikmati hidangan disini,” ujar Olin.

Nah, tunggu apalagi? Jika kalian ingin menikmati makanan dengan cita rasa khas Jawa Timur, silakan langsung mampir dan nikmati sajiannya. Info lebih lengkap mengenai Warwo, bisa dilihat di https://warwojowotimuran.business.site/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM