Snorkeling di Perairan Pulau Menjangan

 

Sedikit bergeser dari Kota Denpasar, kali ini PiknikMelulu melali (red: Bahasa Bali artinya “Jalan-jalan”) ke Singaraja, sebuah kabupaten yang lokasinya ada  di bagian barat Pulau Bali. Tujuan utama kami di daerah ini yaitu Pulau Menjangan, dan ini adalah kali ketiga kami mengunjungi Pulau Menjangan untuk snorkeling sembari melepas penat dan menikmati suasana akhir pekan.

Menuju Pulau Menjangan sendiri cukup mudah dan sudah banyak petunjuk jalan menuju tempat ini. Dari Kota Denpasar menuju kota Singaraja, perjalanan bisa ditempuh sekitar 3 jam menggunakan kendaraan roda dua maupun lebih dengan kondisi lalu lintas yang lancar. Jika ingin berkunjung kesini, kamu bisa berangkat pagi-pagi buta atau subuh dari Denpasar, atau menginap semalam di sekitar Pulau Menjangan yang banyak berjejeran tempat penginapan. Perjalanan saya terakhir ke Pulau Menjangan, kami berlima, saya, Bettam dengan teman-teman lainnya memilih untuk berangkat pagi-pagi buta sekitar pukul 05.00 Wita dan langsung menuju Pelabuhan Banyuwedang untuk menyebrang menuju Pulau Menjangan.

Sesampainya di Pelabuhan Banyuwedang sekitar pukul 09.00 Wita, kami langsung bersiap-siap ganti baju dan mencoba berbagai peralatan yang akan kami gunakan untuk snorkeling, kemudian langsung naik kapal untuk membawa kami ke Pulau Menjangan. Untungnya saat itu arus laut belum deras dan uniknya di perairan sekitar Pulau Menjangan semuanya bisa anda nikmati untuk snorkeling hingga sore hari.

Saat snorkeling, kami tidak hanya menikmati 1 spot saja. Mas Dika, guide kami yang baik hati dan tidak sombong ini selalu membawa kami ke spot-spot lainnya yang tidak kalah menarik. Selain snorkeling, pemandangan bawah laut Menjangan juga bisa dinikmati untuk diving lho.

 

Salah satu view bawah laut Menjangan.

 

Setelah snorkeling, kita merapat ke Pulau Menjangan itu sendiri. Menjangan sendiri diambil dari nama hewan yang mirip kijang, yang dulunya hidup sejahtera di pulau ini. Kita bisa jalan-jalan sebentar di pulau atau sekedar melepas lelah setelah snorkeling. Jika beruntung, kamu juga bisa bertemu dengan rusa atau menjangan di pulau ini. Selain itu, terdapat juga salah satu pura yang sering disambangi oleh umat Hindu Bali untuk beribadah. Jangan heran ketika kamu kesana banyak juga masyarakat Hindu Bali dengan berpakaian adat datang berkunjung ke Pulau menjangan.

 

Si penghuni Pulau Menjangan yang hanya beberapa saja dan sayangnya lingkungan sekitarnya cukup kotor.

 

Kapal-kapal yang menunggu penumpang di tepi Pulau Menjangan.

 

Tidak banyak penjaja makanan disekitar Menjangan itu sendiri. Bawalah bekal makanan dan minuman ringan untuk mengisi tenaga anda selama snorkeling, tapi ingat jangan buang sembarangan dan jangan dibuang ke laut.

Cukup banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk snorkeling di Menjangan. Alangkah baiknya kamu datang bersama dengan teman-teman maupun keluarga agar tidak mengeluarkan biaya yang besar alias bisa patungan. Untuk sewa kapal berkisar antara Rp500.000 hingga Rp550.000 dan bisa diisi maksimal 10 orang pengunjung. Sedangkan sewa alat snorkeling seharga Rp40.000 dan guide Rp200.000. Jika anda mempunyai alat snorkeling sendiri, sebaiknya kamu pun membawanya agar lebih menghemat pengeluaran biaya selama disana. Selain biaya-biaya tersebut, anda juga akan dikenai tiket masuk Rp25.000 untuk lokal dan Rp4.000 untuk asuransi.

Yuk piknik!

 

Jernihnya perairan yang mengelilingi Pulau Menjangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM