Terbuai Keindahan Pantai Pura Geger

Selepas memarkirkan sepeda motor, saya berdiri di tepi tebing. Angin laut membelai wajah perlahan, panasnya siang yang terik berpadu dengan aroma asin air laut. Siang itu, pemandangan air jernih dan pasir putih di antara bongkahan karang membentang tepat di depan mata.

Namanya Pantai Pura Geger. Ini kali ke dua saya berkunjung ke sini. Pertama bersama dengan Galih dan Febian, setelah piknik bersama ke Pantai Impossible beberapa waktu lalu. Kali ini, suami yang sok super sibuk dan nggak bisa anteng; sebut saja namanya Bettam, setuju menghabiskan waktu berdua biar masih seperti muda-mudi kekinian tamasya ke pantai. Meskipun beberapa pantai dan objek wisata di Bali sudah dibuka untuk umum di tengah pandemi Covid-19, kami hanya berani piknik di tempat yang memang benar-benar sepi. Salah satunya ya pantai ini.

 

Pemandangan Pantai Pura Geger dari atas tebing.


Untung saja air laut sedang surut-surutnya, sehingga bibir pantai berpasir putih terlihat lebih luas dengan air yang cukup tenang. Berada di semenanjung selatan Pulau Bali, ombak di pantai ini tergolong landai karena hamparan batu karang yang ada di tepi melambatkan laju ombak dari laut lepas. Sehingga sangat aman untuk berenang maupun berendam di tepian.

Kami menuruni beberapa anak tangga yang langsung menuju ke bibir pantai. Tumpukan batu-batu karang besar dan tinggi terlihat gagah, seolah menyembunyikan deburan ombak dan pasir putihnya. Kami menyusuri pantai perlahan, sambil menikmati angin laut sepoi-sepoi yang menerpa wajah. Di beberapa sisi tebing tinggi, ada beberapa ceruk kecil yang bisa digunakan untuk berteduh maupun menyimpan barang bawaan.

Setelah menyusuri pantai dari sisi selatan menuju ke utara, kami memilih sebuah ceruk untuk duduk santai sambil bersiap berenang. Dua kali datang saat siang menjelang sore hari, pantai ini sangat sepi dari turis. Terasa seperti pantai pribadi. Beberapa nelayan dan petani rumput laut terlihat lalu lalang di antara deburan ombak, mengumpulkan helai-helai rumput laut yang terbawa arus. Saking jernihnya, pemandangan bawah air pun terlihat jelas. Waktu kedatangan saya yang pertama, Galih dan Febian malah mencoba berenang agak jauh dari pantai untuk snorkeling.

Semburat matahari siang yang menambah keindahan pemandangan pantai.

Salah satu ceruk tebing karang untuk duduk-duduk santai.

Pantai Pura Geger terletak di jalan Pura Geger, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Lokasinya memang berada di balik Pura Geger Dalem Pemutih. Sehingga saat berada di pantai, kita bisa melihat sebuah pura yang berdiri kokoh di ujung tebing, hampir mirip dengan Pura Luhur Uluwatu. Meski letaknya agak tersembunyi, namun tenang saja, lokasinya sangat mudah ditemukan.

Setelah melewati kompleks The Mulia Hotel, Mulia Resort and Villas, ada jalan kecil beraspal di sisi kiri jalan. Masuk gang tersebut, dan tak jauh ada loket jaga sederhana dimana kamu akan dipungut biaya tiket masuk Rp2.500,- per orang. Jika beruntung di bagian jalanan agak teduh, kita bisa melihat beberapa monyet ekor panjang akan turun ke tepi jalan untuk mengumpulkan makanan. Siang hari maupun sore hari merupakan waktu yang tepat untuk piknik di pantai ini. Karena waktu tersebut air laut Pantai Pura Geger sedang surut, sehingga mudah untuk diakses dan dijelajahi sepuasnya.

Pasir putih di Pantai Pura Geger.

Beradu dengan jernihnya air laut yang membiru.

Puas berenang, berjemur dan tentu saja berfoto, kami bersiap pulang. Maklum, pak suami punya rabun senja yang agak bikin deg-degan kalau berkendara di senja hari. Pantai ini tidak menawarkan pemandangan matahari terbenam, karena posisi tebingnya yang membelakangi matahari. Meskipun begitu, saya sangat senang dan puas bisa menikmati pantai yang tenang ini, apalagi sama pak suami yang sekarang lebih sering di rumah.

Yuk piknik!

Pura Geger Dalem Pemutih yang berdiri kokoh di ujung tebing.

Bettam yang liat air laut seger langsung nyemplung.

Jika kalian penasaran seperti apa Pantai Pura Geger, sila mampir ke kanal YouTube-nya Febian ini -> Walking with Febian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM